Resep Membuat Kue Garpu Yang Enak Dan Renyah

Kue ini disebut kue garpu karena cara membuatnya memang dicetak menggunakan garpu. Tapi kue kering ini juga punya beberapa nama lain seperti kue Klatak di Semarang, atau kue Kekewukan di Tasikmalaya. Disebut kekewukan karena bentuknya mirip kewuk atau siput laut.



Di beberapa tempat di Indonesia, kue ini merupakan kue khas hari Lebaran, jadi di bulan ramadhan ini bisa dipastikan beberapa orang mulai bersiap-siap membuat kue ini. Bahan-bahan kue garpu cukup sederhana dan murah meriah. Biaya pembuatan satu resep bahkan nggak nyampe 10 ribu Rupiah. Namun rasanya yang gurih dan renyah kriuk-kriuk cocok banget dijadikan camilan sambil santai atau untuk teman makanan berkuah seperti sop atau

Cara membuat kue ini cukup mudah, meskipun proses mencetak menggunakan garpunya butuh ketelatenan. Bagaimana caranya? Yuk kita cobain resep kue garpu dari Maryam maeco ini:

Kue Garpu

Bahan-bahan

100 gram tepung terigu
20 gram mentega (cairkan)
20 gram tepung tapioka
1 butir telur
1/2 sdt garam
Daun seledri (iris halus
Cara Membuat Kue Garpu

Siapkan wadah, lalu masukkan semua bahan yang ada. Aduk dan uleni sampai menjadi adonan yang kalis dan tidak lengket.
Pipihkan adonan menggunakan penggilingan tangan atau botol kaca, latu potong persegi seperti pada gambar.
Ambil sepotong adonan, lalu tekan-tekan pada bagian punggung garpu, kemudian gulung sampai ujung dan membentuk gulungan seperti pada gambar di atas.
Goreng adonan menggunakan api sedang sampai berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
Setelah dingin, masukkan ke dalam toples yang kedap udara supaya tetap renyah.
Selesai..! Gampang, praktis dan murah meriah, hehe..
Untuk menghasilkan kue yang renyah, usahakan adonan dibuat setipis mungkin ya bun. Selamat mencobaa…!
Sumber : https://www.inirecipes.id/2017/06/resep-membuat-kue-garpu-yang-enak-dan.html

7 Jenis Kue Kering Goreng yang Enak Praktis dan Mudah Dibuat Sendiri

Di rumah, saya selalu menyediakan 2 jenis camilan yaitu camilan asin dan manis. Keduanya akan saling melengkapi, terutama jika bosan hanya mengudap satu jenis camilan saja. Selain membeli camilan jadi dalam kemasan yang banyak dijual di toko atau supermarket, saya juga sering membuat sendiri kue goreng yang enak, sesuai selera, dan murah meriah. Selain praktis, aneka kue goreng garing ini juga tahan lama sehingga aman jika membuatnya sekaligus banyak untuk stok dalam toples. Apa saja macamnya? Simak selengkapnya berikut.

Kue Garpu

Meskipun namanya kue garpu, bukan berarti kue yang satu ini terbuat dari garpu lho. Adonan kue dicetak menggunakan garpu, lalu digulung dan digoreng. Tekstur kue garpu yang renyah dan rasanya yang gurih tentu akan membuat waktu santai anda jadi lebih menyenangkan.

Kue Bawang

Kue bawang merupakan salah satu kue kering asin-gurih yang populer. Sesuai namanya, kue ini memiliki citarasa kuat dari bawang yang pasti akan meningkatkan selera makan anda saat ngemil. Ciri khas lain dari kue bawang ini yaitu irisan tipis dari daun seledri yang berlimpah, sehingga akan mempercantik penampilannya.

Kue Tambang

Dinamakan kue tambang karena bentuknya yang mirip dengan tali tambang. Selain rasa asin-gurih, kue ini juga punya sedikit rasa manis yang cocok bagi anda penyuka camilan renyah yang tidak terlalu manis.

Kue Gabus

Kue gabus yang bercitarasa asin dan gurih ini merupakan camilan yang terbuat dari tepung sagu atau tepung kanji. Bentuk kue gabus ini unik, yaitu lonjong dengan kedua ujungnya meruncing serta berwarna kuning keemasan. Selain dimakan langsung, kue gabus gurih juga cocok dijadikan pendamping makanan seperti bakso, sup, hingga nasi goreng.

Biji Ketapang

Biji ketapang memiliki bentuk serong seukuran dadu dan bertekstur keras yang renyah. Rasanya manis dan gurih dari campuran santan serta kelapa parut dalam adonannya. Biji ketapang sudah terkenal jadi salah satu camilan wajib saat lebaran dan juga merupakan oleh-oleh khas Betawi.

Kuping Gajah

Bentuk camilan yang satu ini sangat menarik, yaitu bulat pipih atau gepeng dengan motif spiral yang berselang-seling warna antara putih dan coklat gelap. Rasanya manis namun ringan dan bertekstur sangat renyah.

Kue Keciput

Kue yang satu ini merupakan salah satu oleh-oleh khas kota Kudus. Bentuk dari kue keciput ini seperti onde-onde kecil, baik bulat lingkaran atau bulat memanjang, dengan balutan biji wijen di seluruh permukaannya. Citarasanya sangat khas dari biji wijen, manis (ringan), sedikit gurih, dan sangat renyah.

Dari sekian kue kering goreng di atas, mana yang jadi favorit anda? Supaya lebih cantik dan rapi, sajikan kue kering di atas dengan Alibambah Toples Kaca Kedap Udara (lihat di Lazada). Kalau ditaruh di dalam toples ini, kue-kue kering tersebut dijamin tidak akan melempem. Ukurannya pun besar, jadi bisa menampung kue kering lebih banyak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel