Resep Tape Ketan Hijau Enak Dan Mudah Dibuat

belajar buat tape ketan dan alhamdulilah rasanya manis banget.. tape nya nyuss. sampai kerendam sama air badegnya.. Beras ketan merupakan salah satu jenis beras yang memilki tekstur lebih lengket dibandingkan dengan beras lainnya. Banyak hidangan dari beras ketan yang dapat dibuat untuk menjadi cemilan sederhana dengan rasa manis atau gurih, enak, dan legit. Saya sendiri senang membuat ketan susu, ketan urap, ketan srikaya, hingga lemper ayam.



bahannya

2 kg beras ketan putih
8 biji ragi NKL
pewarna makanan hijau apel

cara membuat

cuci beras ketan sampai bersih..tambahkan pewarna hijau secukupnya,aduk rata,rendam 5 jam
panaskan kukusan,tiriskan beras ketan.
setelah air di kukusan mendidih masukkan beras ketan,kukus selama 30 menit atau 40 menit.
ambil ketan dari kukusan,taruh di kalo(untuk memeras kelapa parut) lalu siram dengan air dingin sampai ketannya juga ikut dingin.tiriskan
panaskan kukusan,setelah air mendidih masukkan ketan tadi,lalu kukus selama 10 menit
 angkat,taruh di nampan.. biarkan hingga dingin(ini harus dingin yaa..kunci manis tidaknya ada di sini)
parut raginya..lalu tabur taburkan sedikit sedikit ke ketan yang sudah dingin sembari di tata ke wadah yang tertutup dan dialasi daun pisang.
tutup kembali menggunakan daun pisang.diamkan 3 hari ya bun.. saya buat hari sabtu malam.. dan tadi malam sudah matang
selamat mencoba ya bun.. memang buat tape ketan itu prosesnya lama sekali.. tapi kalau sudah lihat hasilnya yang manis dan nyuss pasti nagih pengin buat lagi..


5 Langkah Memasak Beras Ketan Agar Matang Sempurna dan Bebas Ngletis (Berbutir)

Memasak ketan adalah hal yang mudah, namun jika kurang tepat maka ketan yang anda masak bisa terlalu lembek seperti bubur atau malah kurang matang dan masih ngletis (masih terasa berbulir beras). Tidak mau seperti itu, kan? Yuk ikuti langkah di bawah ini agar beras ketan yang anda masak bisa matang sempurna.

Pilih beras ketan yang berkualitas baik

Untuk menghasilkan ketan yang enak, gunakan selalu beras ketan yang berkualitas. Seperti warnanya yang putih susu, bentuknya lebih besar dan panjang dari beras biasa, dan butirannya tidak mengambang saat direndam. Jika anda menemukan butiran putih bening di dalam beras ketan yang telah dibeli, itu tandanya beras ketannya telah dicampur dengan beras biasa. Saat membeli ketan, biasakan juga mencium aromanya, hindari aroma beras ketan yang tengik atau berbau asam.

Rendam terlebih dahulu

Setelah dipilih, cuci beras ketan hingga bersih lalu rendam ketan di dalam baskom berisi air bersih selama 1-4 jam. Semakin lama waktu perendamannya, semakin lengket tekstur ketan yang akan dihasilkan nantinya.

Masak dengan panci kukusan atau rice cooker

Untuk memasak ketan, anda dapat menggunakan dengan 2 cara yaitu:

Kukusan

Setelah beras ketan direndam dan ditiriskan, kukus ketan selama 30 menit hingga matang di dalam kukusan. Agar lebih gurih, matikan api lalu tambahkan santan dan garam yang ditaburkan perlahan saat ketan dikukus setengah matang kira-kira 15 menit pertama. Aduk lalu diamkan sebentar hingga terserap lalu kukus kembali hingga ketan matang. Untuk takaran santannya yaitu 1:1, atau 2 cangkir ketan untuk 2 cangkir santan. Tapi jangan lupa untuk memanaskan dulu santan yang akan dicampurkan ke dalam ketannya, ya!

Rice cooker

Ketan juga dapat dimasak di dalam rice cooker, lho! Caranya masukkan beras ketan yang sudah direndam dan ditiriskan lalu tambahkan air atau santan setinggi ketan tersebut, dan juga sedikit garam. Meskipun beras ketan lebih keras daripada beras biasa, beras ketan lebih mudah lembek jika menggunakan banyak air. Jadi perbandingan airnya yang tepat yaitu 1:1. Masak ketan hingga matang dan sajikan. Lebih praktis, kan?

Penyimpanan ketan matang

Ketan dapat langsung disajikan saat matang, tapi kalau belum disajikan, simpan ketan di tempat yang kehangatannya terjaga seperti rice cooker dalam mode ‘warm’. Jika anda ingin membentuk ketan dalam berbagai bentuk, cetak ketan selagi hangat. Jika anda ingin membuat tape ketan, pastikan ketannya benar-benar dingin sebelum ditambahkan dengan ragi dan disimpan dalam tempat yang tertutup rapat. Jangan masukkan ketan matang dalam kulkas ya sebab ketan akan jadi keras dan tidak enak untuk dinikmati lagi.

Agar lebih menarik, anda juga bisa membuat ketan dengan berbagai warna dari bahan alami seperti gula merah untuk warna coklat, pandan dan daun suji untuk warna hijau, dan bunga telang untuk warna biru keunguan. Selamat memasak dan berkreasi!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel