Resep Soto Kudus. Seger Banget!

Soto kudus rasanya enak banget, kuahnya ringan, ngga eneg, dan seger banget. Dan yang menjadi ciri khas dari soto kudus adalah daging yang digunakanan daging kerbau bukan daging sapi ataupun daging ayam seperti soto pada umumnya. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik untuk mencicipi semangkuk soto kudus.



Kenapa soto di daerah kudus menggunakan daging sapi karena dulunya didaratan jawa sebelah utara, kudus, demak dan sekitarnya ada seorang sunan bernama sunan kudus yang begitu mencintai saudara – saudaranya yang berlainan agama, untuk agama hindu pada khusunya mereka tidak diperbolehkan untuk memakan daging sapi karena sapi merupakan hewan yang sangat sakral dan suci jadi oleh sunan kudus karena cinta dan hormatnya juga menyarankan untuk membuat menu menggunakan daging kerbau sebagai pengganti daging sapi.

Itu sedikit tentang cerita asal muasal soto kudus. Walaupun resep soto kudus ala bunda Fitri Sasmaya ini menggunakan daging ayam, tapi rasanya juga ngga kalah nikmat dan mantapnya. Jadi layak dan pantas untuk di coba dan menjadi menu andalan keluarga di rumah.

Bahan-bahan :

1 ekor ayam kampung ( saya pakai ayam negeri sekitar 800 gram )
2 liter air
2 batang serai, (saya 1 batang)memarkan
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk purut
1 batang daun bawang
secukupnya gula merah
secukupnya garam dan lada

Bumbu halus :

10 buah bawang merah
5 siung bawang putih
4 butir kemiri
2 cm kunyit (saya 1 sdt kunyit bubuk)
2 cm jahe
1/2 sdm ketumbar (saya ketumbar halus)
1/4 sdt jinten

Pelengkap :

Bawang putih goreng sesuai selera
1 bgks tauge, seduh air panas
1 batang daun bawang iris halus
Sambal rawit sesuai selera
1 buah jeruk nipis
1 batang seledri,iris – iris ( tambahan saya )

Langkah – langkah :

1. Didihkan air didalam panci masukkan ayam masak dengan api kecil agar kaldunya bening

2. Tumis bumbu halus masukkan daun salam daun jeruk dan serai aduk sampai layu, tuang kedalam rebusan ayam, masukkan daun bawang beri gula garam dan lada masak dengan api kecil sampai ayam lunak

3. Angkat dan tiriskan ayam goreng sebentar, suwir - suwir

4. Penyajian: Tata nasi di mangkok beri beri suwiran ayam tauge daun bawang, daun seledri bawang goreng lalu siram dengan kuah soto, sajikan dengan pelengkap.

5. Seger banget!

Bagaimana bun, gampang kan resep soto kudus diatas? selain mudah bunda juga tidak perlu bingung dalam mencari bahan-bahan yang diperlukan, karena bahan-bahan tersebut bisa didapatkan di pasar tradisional maupun supermarket di sekitar terdekat.

Selamat mencoba. Semoga keluarga di rumah senang, dan menikmati dengan penuh cinta dan suka cita.

Sumber : modern.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel