Resep Sate Ayam Manis (Sweet Satay). Bumbunya Meresep Sampai ke Dalam!

Olahan khas nusantara yang terbuat dari daging yang ditusuk dan dibakar ini begitu sangat familiar, sate dapat menggunakan bermacam-macam bahan, salah satunya daging ayam. Sate ayam memang kuliner nusantara yang banyak ditemui hampir di semua kota di pelosok negeri. Banyak orang yang begitu mengidolakan dan jadi menu favorit kala makan rame - rame dengan keluarga.



Dalam mengolah sate cukup mudah, resep moms Indry Hapsari akan membantu moms dirumah bisa menyajikan olahan sate ayam yang enaknya kebangetan.

Oh ya...dalam membuat sate ayam pasti berharap sate yang dihasilkan empuk, moist dengan rasa bumbu yang menyerap hingga ke setiap serpihan daging ya. Tipsnya cukup mudah, gunakan daging paha ayam dan rendam dalam bumbu dalam waktu yang lama. direndam semalam di kulkas akan lebih baik.

Nah sudah tahu kan teknik dan tipsnya, sekarang tinggal simak aja cara membuat sate ayam nya

Bahan - bahan :

500 gr daging ayam fillet
secukupnya minyak sayur untuk menumis

🍢🍢Bumbu halus :

6 siung bawang merah
5 siung bawang putih
4 butir kemiri (sangrai/goreng)
1 ruas jari lengkuas
1 batang serai (ambil putihnya saja)
1 sdm ketumbar (sangrai)
1 blok gula merah/ 2 sdm gula merah disisir

🍢🍢Bumbu lainnya :

5 sdm kecap manis
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
50 ml susu cair
secukupnya garam

🍢🍢Bahan olesan :

secukupnya kecap manis dan margarine

Langkah - langkah :

1. Pukul-pukul perlahan fillet ayam dengan ulekan sampai agak pipih, lalu potong-potong 2 cm, sisihkan. Kemudian rendam tusuk sate didalam air dingin, tujuannya supaya daging gak lengket/nempel ke tusukannya. Dan tusukan tidak mudah gosong saat dibakar.

2. Tumis bumbu halus sampai harum dan agak kecoklatan. Lalu masukan kecap manis, air perasan jeruk nipis dan susu cair, beri garam, aduk merata, tes rasa. Jika sudah pas, matikan kompor.

3. Masukan potongan fillet ayam bumbu tumis, lalu tusuk dengan tusukan sate. Per tusuk isi 5 potong daging. Marinasi selama minimal 2 jam atau semalaman dalam kulkas.

4. Panggang di teflon (saya pakai teflon mega grill) dengan api kecil-sedang. Saat memanggang rapatkan tusukannya agar daging tidak kering dan cepat matang. Sambil sesekali dioles kecap dan margarine sampai didapat warna yang diinginkan. Kurleb 10 menit.

5. Siap disajikan bersama acar dan sambal rawit jika suka. Ini sumpaaah enak kebangetan hasilnya.. 👍👌 bumbunya meresap banget karena saya marinasi semalaman. Aaaah sukaaa pokoknya



Jangan lupa share ke saudara dan kerabat yang lain ya moms. Semoga resep ini bermanfaat bagi sesama. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel