Resep Pempek Anti Gagal. Empuk Endess!!!

Sering bikin pempek tapi kadang enak dan kadang gagal? Bisa jadi karena takaran bahan-bahannya kurang pas. Hal seperti ini juga dialami oleh Pawon Vie. Meski sudah dapet resep mantap dari Wak cik di palembang, tapi hasilnya sering nggak pas, karena bahan-bahannya nggak pernah ditimbang pas bikin. Naah resep kali ini udah pas banget bun, karena sudah ditimbang dengan akurat bahan-bahannya sebelum diolah. Silahkan dicoba resepnya di sini:



Bahan-bahan:

600 gram daging ikan tengiri
700 gram tepung kanji
1 sdm garam halus
3 siung bawang putih dihaluskan
4 butir telur kocok lepas
Adonan Biang:
500 cc air
250 gram tepung terigu
Isian: 12 butir kuning telur

Cuko:

500 cc air
500 gram gula aren hitam
2 sdm toncai (asinan lobak)
5 mata asam jawa cuci dg air hangat
10 siung bawang putih dihaluskan dg:
5 buah cabe rawit
3 buah cabe merah kriting
1 sdm ebi yg sdh direndam sebentar dg air panas
2 sdm gula pasir
Garam secukupnya 

Cara membuat:

1. Buat cuko terlebih dahulu. Didihkan air, masukkan gula aren sampai hancur. Masukkan bumbu halus. Aduk rata. Masukkan garam, asam dan gula pasir. Tunggu sampai mendidih. Aduk rata, cicipi, lalu angkat.

2. Buat adonan biang: aduk terigu dengan garam, masukkan air pelan-pelan sambil diaduk agar tidak menggumpal. Panaskan di atas api kecil sambil diaduk terus sampai kalis. Angkat. Biarkan dingin.

3. Aduk daging ikan sambil ditekan-tekan agar melunak. Tambahkan bawang putih, lalu masukkan adonan biang. Aduk sampai rata. Masukkan telur kocok. Aduk rata.

4. Masukkan tepung kanji sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk terus sampai adonan tidak lengket lagi.

5. Lalu bentuk di atas talenan, jika masih lengket, bisa ditaburi tepung kanji sedikit saja. Bentuk bulat lonjong lalu iris sama besar.

6. Ambil 1 bagian adonan bentuk seperti mangkuk, isi dengan kuning telur lalu tutup spt bentuk pastel. Untuk lenjer cukup dibentuk bulat lonjong kecil sesuai selera. Lakukan sampai adonan habis. Sementara membentuk, didihkan air dalam panci besar. TIPS: untuk pempek kapal selam, begitu dibentuk langsung dimasukkan dlm air mendidih.

7. Masukkan adonan yang sudah dibentuk ke dalam air mendidih. Tutup pancinya, tunggu sampai adonan naik ke permukaan tandanya sudah matang. Angkat dan tiriskan.

8. Penyajian: goreng pempek sampai kuning kecoklatan, angkat. Sajikan dengan cuko dan mentimun yang diiris kecil-kecil.

9. Happy cooking Mommy!



10. Tips penyimpanan: setelah dingin, masukkan kedalam tupperware atau wadah lain yang dialasi daun pisang. Kalau tidak ada daun, bisa pake kertas minyak. Lalu tutup rapat, simpan di chiller

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel