Resep Pastel Renyah Isi Ayam dan Sayuran

Jajanan pastel yang enak dengan lapisan kulitnya yang renyah memberikan sensasi nikmat tersendiri disetiap gigitannya. Jajanan tradisional yang kini sering di jajakan di aneka toko kue di swalayan atau pun pasar tradisional ini ternyata mudah banget untuk membuatnya. Bahan-bahannya pun gampang untuk di temukan, kalo untuk isian sih sebenarnya sesuai selera aja ya.



Nah bagi buibu yang baru perdana dalam dunia perpastelan seperti saya, berikut ada tips cara mengolah adonan kulit pastel untuk hasil yang enak dan renyah. Apakah itu? Di antara lainnya adalah ternyata dalam menguleni adonan pastel jangan terlalu lama karena katanya dapat memecahkan gluten itu yang menyebabkan adonan jadi alot dan lembek, ngga crispy, terus saat pastel udah dibentuk sebaiknya langsung segera di goreng ya tujuannya agar adonan kulit tidak lemas terkena adonan isi yang semi basah.

Dengan tekad bulat akhirnya saya memberanikan diri untuk membuat pastel sendiri di rumah, berbekal resep bunda Fitri Sasmaya yang sudah ada dalam genggaman.

Bahan kulit :

300 gram terigu protein rendah
75 gram margarin, suhu ruang
1 sdt garam
100 ml air

Bahan isian :

200 gram ayam ( berat setelah direbus )
1 buah wortel, potong dadu, rebus
2 sdm kacang polong, rebus
1 batang daun bawang, iris halus
secukupnya gula garam

Bumbu halus :

4 buah bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt merica

Langkah – langkah :

1. Siapkan bahan - bahan.

2. Buat isian dulu Tumis bumbu halus sampai harum tambahkan ayam, juga kacang polong dan wortel,beri gula garam. Aduk rata dan biarkan bumbu meresap. Angkat sisihkan.

3. Siapkan baskom, masukkan terigu, margarin, garam aduk rata lalu tuang air sedikit demi sedikit, uleni sampai kalis. Ambil sedikit adonan, bulatkan lalu gilas dengan roling pin, isi dengan bahan isian, pilin - pilin pinggirnya. Siap digoreng. Goreng diminyak panas dengan api sedang sampai matang. Note = resep ini jadi 18 buah.

4. Siap dimasukkan ke kontainer untuk di kasih ke teman dan sisanya buat teman minum teh.

Legaaa... akhirnya pastel berhasil dengan sempurna. Ini dia ciri - ciri pastel yang enak itu ya yang kulitnya renyah, empuk serta ngeprul jika di gigit. Hmmmm... selamat mencoba juga di rumah ya bunda, dan jangan lupa untuk berbagi resepnya loh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel