Resep Cumi Panggang Madu. Kenyal, Tapi Empuk dan Manis

Bagi pecinta masakan seafood pasti tidak akan asing lagi dengan hasil laut yang satu ini. Cumi digemari di seluruh dunia. Cumi punya karakteristik daging yang kenyal dan manis, cepat matang, dan putih. Cumi bisa dimasak dengan banyak pilihan resep seperti tumis cumi asam pedas, cumi asam manis, cumi masak hitam, cumi goreng.



Cumi juga bisa dibikin menu cumi panggang. Diberi tambahan madu agar rasanya menjadi semakin lengkap, manis, gurih, dan nikmat. Untuk membuat cumi panggang ini cukup mudah, dan bahan – bahan yang harus disiapkanpun ngga terlalu sulit untuk didapatkan.

Dalam memasaknya, agar mendapat penampilan cumi jadi lebih cantik, bunda bisa bisa kerat - kerat cumi, sisakan sedikit bagian daging yang tidak terkerat. Nah semakin lebar keratan maka cumi-cumi akan semakin keriting dan melingkar kala dipanggang.

Lalu agar rasanya jadi benar - benar lezat, gunakan  bumbu yang melimpah. Untuk masalah rasa dan aroma amis si cumi, selain menggunakan kunyit dan jeruk nipis, cara lainnya untuk memusnahkannya bisa juga menggunakan bawang putih. Dan selanjutnya rendam cumi dan bumbunya hingga bumbu meresap. Terakhir panggang cumi di loyang anti lengket atau teflon hingga permukaannya kecoklatan dan sedikit terbakar. Di jamin cumi panggang madu akan semakin menggoyang lidah kala di padu dengan nasi putih nan hangat saat menyantapnya.

Bunda Fitri Sasmaya punya resep membuat cumi panggang madu yang patut untuk di coba, karena cumi panggang madu nya berhasil memikat seluruh anggota keluarga. Pasti bunda sekalian juga akan sangat senang di kala suami dan anak ataupun keluarga bilang masakannya “enak!!”

Bahan – bahannya apa saja dan gimana cara membuatnya cumi panggang madu, langsung simak resep berikut ini:

Bahan – bahan :


  • 500 gram cumi (3 buah ukuran besar)
  • 1 sdm margarin
  • 1 sdm madu
  • 1 sdt kecap manis
  • 1 sdm air asem
  • secukupnya garam


Bumbu halus :


  • 3 siung bawang putih
  • 4 buah bawang merah
  • 2 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • 1/4 sdt kunyit bubuk


Langkah – langkah :

1. Bersihkan cumi, cuci bersih, kerat - kerat jangan sampai putus

2. Haluskan bumbu, campur dengan garam, madu, air asam dan kecap manis Lalu siapkan wadah, masukkan cumi lalu lumuri dengan bumbu halus. Masukkan kulkas diamkan selama 30-1 jam.

3. Panaskan teflon lalu beri 1 sdm margarin, masukkan Cumi, bolak balik sampai matang

4. Sajikan

Bunda busa sajikan cumi panggang madu selagi hangat bersama dengan nasi, lalap dan sambal kecap.. Selamat mencoba dan berkarya dengan menu – menu yang baru. Silahkan di bagikan juga ke saudara ataupun keluarga.

Sumber : modern.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel